Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

Banda Aceh – Bagian keuangan Bappeda Banda Aceh mengadakan kegiatan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait dengan penginputan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), khususnya Sistem Informasi Keuangan Daerah Modul Penatausahaan Pengeluaran. Kegiatan ini dilakukan mulai Selasa, 28 Mei 2024, hingga selesai penginputan aplikasi dan aplikasi siap digunakan nantinya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh telah mengumpulkan seluruh Kasubbag. Keuangan dan Bendahara OPD dalam lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi serupa. Kegiatan tersebut dilakukan di Aula Mawardy Nurdin Balaikota Banda Aceh mulai 14 hingga 17 Mei 2024 yang lalu dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Keuangan RI.

Pemerintah Pusat terus mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIPD sebagai sistem informasi induk dalam pengelolaan pemerintahan daerah. Sebelumnya pemerintah telah mewajibkan penggunaan aplikasi SIPD dalam sistem perencanaan pembangunan daerah. Diperkirakan pada tahun 2025 pemerintah juga akan mewajibkan penggunan SIPD dalam pengelolaan sistem keuangan daerah, dimana saat ini masih menggunakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *