RENCANA TATA RUANG WILAYAH

RENCANA TATA RUANG WILAYAH

A.Gambaran umum Kota Banda Aceh

Gambaran umum Kota Banda Aceh diuraikan dalam bentuk penjelasan karakteristik fisik, sosial dan ekonomi,  serta analisis kondisi, potensi dan permasalahan kota secara keseluruhan yang akan mempengaruhi tata ruang kota dimasa yang akan datang.

Karakteristik Fisik

B. Letak Geografis
Secara geografis Kota Banda Aceh memiliki posisi sangat strategisyang berhadapan dengan negara-negara di Selatan Benua Asia dan merupakan pintu gerbang Republik Indonesia di bagian Barat. Kondisi ini merupakan potensi yang besar baik secara alamiah maupun ekonomis, apalagi didukung oleh adanya kebijakan pengembangan KAPET (Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu) dan dibukanya kembali Pelabuhan Bebas Sabang, serta era globalisasi. Potensi tersebut secara tidak langsung akan menjadi aset bagi Kota Banda Aceh khususnya dan Provinsi

Aceh secara umum untuk lebih membuka diri terhadap pengaruh daerah sekitarnya maupun dunia luar atau lebih mengenalkan dan menumbuhkan citra serta jati diri dalam ajang nasional maupun internasional. Letak geografis Kota Banda Aceh berada antara 05º30′ – 05º35′ LU dan 95º30′ – 99º16′ BT, yang terdiri dari 9 kecamatan, 70 desa dan 20 kelurahan dengan luas wilayah keseluruhan ± 61,36 km².

 

Peta-A3-Kawasan-Strategis-sc-50000-uploadPeta-A3-Struktur-Ruang-sc-50000-uploadPeta-Pola-Ruang-RTRW-2029-FINAL-upload