Banda Aceh Resmi Gunakan e-Musrenbang

  • musrenbang3
  • musrenbang2
  • musrenbang1

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan salah satu agenda tahunan yang turut juga dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. Musrenbang bertujuan untuk melibatkan masyarakat gampong selaku salah satu stakeholder pembangunan daerah dalam membangun daerahnya sendiri dengan cara mengusulkan item-item pembangunan yang diinginkan untuk dapat dilaksanakan di daerah tersebut.

Selama ini pelaksanaan musrenbang masih dilakukan secara manual dimana masyarakat memberikan usulan pembangunan di daerahnya, lalu kemudian usulan tersebut diserahkan kepada SKPD terkait untuk melaksanakannya. Musrenbang dengan cara manual seperti itu memiliki kekurangan dimana masyarakat tidak dapat mengikuti perkembangan dari usul pembangunan yang telah mereka sampaikan, apakah dapat diakomodir di SKPD ataupun tidak.

Mulai tahun 2017 pelaksanaan musrenbang gampong resmi dilakukan secara elektronik, dimana usulan masyarakat yang dihasilkan dari rapat musrenbang gampong langsung dimasukkan kedalam aplikasi e-Musrenbang dan langsung dikirimkan ke kecamatan pada saat itu juga. Setelah operator gampong mengirimkan usulan tersebut ke kecamatan maka tidak ada peluang untuk mengutak-atik usulan tersebut. Dengan demikian tidak akan ada lagi usulan ‘siluman’ yang tiba-tiba masuk di tengah jalan tanpa diketahui oleh masyarakat gampong, ataupun terulangnya kejadian dimana usulan kegiatan yang diusulkan oleh gampong A namun terealisasi di gampong B.

Penggunaan aplikasi dalam pelaksanaan musrenbang ini sebenarnya telah mulai dilakukan sejak tahun 2015, namun masih sebatas uji coba. Pada tahun 2017, KPK mulai melakukan pengawasan terhadap proses penganggaran di Kota Banda Aceh sehingga budaya tertib administrasi harus ditingkatkan sebagai pengamalan dari prinsip ‘Pencegahan sebelum Penindakan’. Dengan penggunaan aplikasi e-musrenbang ini masyarakat juga dapat menelusuri perjalanan usulan mereka apakah diakomodir SKPD atau tidak. Rangkaian proses musrenbang ini akan berlangsung hingga pekan pertama April nantinya.

1 Response

  1. santi says:

    semoga dengan adanya itu membuat kinerja bisa lebih baik lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>