Bappeda Kapuas Hulu Lakukan Kaji Terap ke Bappeda Banda Aceh

  • kapuas3
  • kapuas1
  • kapuas2

 

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu mengunjungi Bappeda Kota Banda Aceh pada Rabu, 25 Juli 2018. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan Kaji Terap/Pengembangan Wawasan terkait dengan penerapan kebijakan satu peta (one map one policy). Tim dari Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak delapan orang yang terdiri dari para Kabid dan Kasubbid dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Indra Kumara.

Menurut Indra, tim dari Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu ingin belajar kepada Bappeda Kota Banda Aceh tentang pengelolaan data spasial untuk menunjang sistem informasi penataan ruang terpadu Kabupaten Kapuas Hulu.

Di Bappeda Banda Aceh, dikarenakan Kepala bappeda sedang tidak berada ditempat, tim diterima oleh Kabid Ekonomi Bappeda Banda Aceh, Parmakope, serta Kepala UPTB GIS Bappeda Banda Aceh, Zulkifli. Parmakope menyampaikan tentang sejarah berdirinya UPTB GIS Bappeda Banda Aceh yang dimulai setelah tsunami mulai dari bentuk forum GIS (Banda Aceh GIS Forum) yang memiliki anggota sebanyak 25 orang pada saat itu, hingga menjadi Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) seperti saat ini.

Sementera Kepala UPTB, Zulkifli, menyampaikan tentang pencapaian-pencapaian terkait aplikasi yang telah dimiliki oleh UPTB GIS hingga saat ini. Menurut Indra, Informasi ini menjadi informasi yang berharga bagi Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu yang saat ini berada pada tahap awal pengembagan GIS di daerahnya.

Tiba di Banda Aceh  pada Ahad malam, sebelumnya tim dari Bappeda Kapuas Hulu juga sudah mengunjungi dan berdiskusi dengan Bappeda dari Provinsi Aceh. Kabupaten Kapuas Hulu sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan salah satu negara bagian dari Malaysia yaitu Serawak.

Dengan luas wilayah yang jauh lebih luas dari Kota Banda Aceh yaitu 29.842 km², kabupaten ini memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari Kota Banda Aceh. Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2010, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki penduduk sebanyak 222.160 jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »