Bappeda Raih Lima Besar PPID Terbaik

  • ppid1
  • ppid2
  • ppid3

Banda Aceh – Sebanyak 10 Pejabat Pengelola Indormasi Daerah (PPID) dari SKPD jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh menerima penghargaan dari Wali Kota Banda Aceh. Penghargaan ini diserahkan pada acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) PPID yang digelar di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Senin (26/11/2018).

Menurut Wali Kota, penghargaan ini diberikan sebagai upaya mendorong SKPD meningkatkan penyajian informasi kepada publik menjadi lebih baik lagi. Menurutnya, pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan salah-satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan hasil prestasi dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Dan ini telah terjawab dengan keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang menyentuh langsung pada kebutuhan masyarakat umum.

“Dengan adanya PPID ini juga, diharapkan implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi,” harap Aminullah. “Banyak informasi terkait program pemerintah dan pembangunan. Informasi ini harus selalu kita sajikan sehingga masyarakat mengetahui tentang kegiatan pemerintah,” tambahnya.

Wali Kota menilai Rakornis PPID ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran setiap SKPD dalam menyampaikan informasi-informasi kepada publik yang sesuai dengan perundang-undangan. Kepada seluruh SKPD, Wali Kota meminta informasi terus disajikan menjadi lebih baik. Katanya, semua program harus tersampaikan dengan baik kepada publik dengan bekerjasama dengan media. Aminullah juga meminta semua informasi selalu update di website-website milik SKPD.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh, Bustami menyampaikan Rakornis ini digelar agar para PPID mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait tahapan dalam melayani informasi publik. PPID juga diharapkan dapat memberikan pengetahuannya kepada PPID pembantu terkait pengelolaan website yang dituntut harus selalu update informasi.

Dalam penghargaan ini, Bappeda Kota Banda Aceh meraih peringkat lima besar setelah DLHK3, Dinas P3AP2KB, Dinas Perkim, dan DPM-PTSP. Unsur-unsur yang menjadi objek penilaian dalam penghargaan ini adalah pelayanan PPID dan pengelolaan website. Teknis penilaian meliputi ketersediaan informasi yang terupdate, baik yang disajikan dalam bentuk link maupun hard copy. Dalam kesempatan ini, penghargaan langsung diterima oleh Kepala Bappeda Ir. Gusmeri, MT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »