Bappeda Sosialisasikan Penggunaan SIPBM ke Geuchik

  • sipbm_1
  • sipbm_2
  • sipbm_3

Banda Aceh – Bappeda Kota Banda Aceh pada Senin (7/1/2019) mengadakan acara sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM). Acara yang diadakan di aula Bappeda Kota Banda Aceh ini langsung dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM. Dalam sambutannya, Aminullah meminta Pemerintahan Gampong segera menginput dan mengupdate data Sistem Perencanaan Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM)  tersebut.

Kata Wali Kota, SIPBM merupakan aplikasi berbasis website yang berisikan informasi database pembangunan dari level gampong. Database ini saling terhubung antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan diintegrasikan dengan database kependudukan yang dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan aparatur gampong dan masyarakat.

Sosialisasi ini diikuti oleh para Geuchik dan perangkat gampong dalam Kota Banda Aceh. Turut hadir, Ketua Komisi C DPRK Banda Aceh, Mahyiddin, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Syukri, Kepala Bappeda, Ir Gusmeri MT, Kepala Disperindagkop dan UKM, T Iwan Kesuma dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Dwi Putrasyah.

Bagi pemerintahan gampong sendiri, aplikasi ini sangat berguna sebagi sumber data perencanaan pembangunan gampong yang selama ini terindikasi kesulitan mendapatkan program atau kegiatan sehingga berakibat pada lambannya penyerapan APBG. Data dari Kepala Bappeda Kota Banda Aceh, hingga Januari 2019 masih ada 28 gampong yang belum menginput data SIPBM sama sekali. Namun ada sejumlah gampong yang sudah menginput data lengkap hingga 100 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »