Komisi III DPRD Tanjung Barat Study Banding ke Banda Aceh Pelajari e-Reses

  • DPRD-Jambi 2
  • DPRD-Jambi

Komisi III DPRD Kabupaten Tanjung Barat, Provinsi Jambi melakukan study banding ke Banda Aceh. Rombongan berjumlah 12 orang yang dipimpin Ketua Komisi III, Hamdani diterima Sekdakota, Ir Bahagia DiplSE, Jum’at (19/10/2018) di Balai Kota. Turut hadir mendampingi Wali Kota, Kepala Bappeda Kota, Ir Gusmeri MT dan sejumlah pejabat lingkungan Bappeda Kota Banda Aceh.

Hamdani menjelaskan, maksud kedatangan dirinya dan anggota Komisi III DPRD Tanjung Barat ingin mempelajari proses dan tahapan usulan program dari DPRK Banda Aceh yang saat ini telah memiliki sistem, yakni aplikasi e-Reses. Setiap anggota Dewan di Banda Aceh dimudahkan dalam mengajukan program karena sudah tersedia aplikasi tersebut yang terintegrasi dengan SKPK, sehingga program-programnya benar-benar tepat sasaran. “Inilah maksud kedatangan kami, kami ingin melihat lebih dekat dan ingin mengadopsi untuk diterapkan di Tanjung Barat,” ungkap Hamdani kepada Sekdakota Banda Aceh.

Sekdakota menyambut baik kehadiran dan maksud dari kedatangan anggota Komisi III DPRK Tanjung Barat ke Balai Kota. “Kita memang telah memiliki aplikasi e-Reses. Aplikasi ini dulunya kita komunikasikan dengan KPK dan juga anggota DPRK, mereka mengapresiasi dan saat ini sudah mulai berjalan,” kata Ir Bahagia. Kelebihan dari aplikasi ini, setiap program yang diusulkan oleh anggota DPRK dari hasil reses sinergi dengan Renstra yang ada di SKPK, dan juga sesuai dengan RPJM. “Tersedia kamus usulan di menu aplikasi, jadi setiap program jelas peruntukannya karena sudah melalui tahapan tahapan, mulai dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan dan Musrena. Setiap anggota DPRK memiliki user name sendiri dan dapat mengakses kapan saja,” kata Bahagia.

Dalam aplikasi ini tersedia fitur usulan reses dimana setiap anggota DPRK dapat mengusul hasil reses mereka ke dalam aplikasi dengan memilih kamus usulan yang tersedia. Sekdakota juga mempersilahkan Komisi III DPRK Tanjung Barat untuk melihat lebih detail apliaksi yang dibangun oleh Bappeda Kota Banda Aceh ini. “Kami juga senang bisa berbagi dengan saudara-saudara kami dari Tanjung Barat, semoga silaturrahmi tetap terjalin,” harap Bahagia.

Sumber: https://bandaacehkota.go.id/berita/11705/komisi-iii-dprk-tanjung-barat-study-banding-ke-banda-aceh-ini-yang-dipelajari.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>