Perubahan Minor Pada Website dan WebGIS Bappeda Banda Aceh

Memasuki tahun 2017, website Bappeda Kota Banda Aceh resmi menggunakan protokol jaringan baru yang lebih aman yaitu Hypertext Transfer Protokol Secure (HTTPS). Penggunaan https dilakukan untuk menjamin keamanan komunikasi data antara client dan server dan menghindari pencurian data oleh pihak ketiga. Hal ini mengingat perkembangan jumlah data yang terdapat pada website Bappeda seiring dengan bertambahnya aplikasi dan data-data sensitifnya.

Kelebihan dari penggunaan protokol https dibandingkan http adalah telah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) dan data yang dikomunikasikan antara client dan server telah mengalami proses enkripsi dan dekripsi. Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya. Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Selain pada protokol, perubahan lain juga resmi diterapkan pada web GIS Bappeda Banda Aceh (https://bappeda.bandaacehkota.go.id/webgis/#/). Aplikasi webGIS Bappeda Banda Aceh yang selama ini menggunakan fasilitas gratis yang disediakan oleh Google yaitu GoogleMap API, kini telah sepenuhnya menggunakan service dari server yang dimiliki oleh Bappeda sendiri (Geoserver) sehingga tidak lagi bergantung kepada pihak ketiga (Google). Dengan keberadaan Geoserver ini yang berada di Bappeda Banda Aceh, membuat loading data juga menjadi lebih cepat.

Selain itu, beberapa fasilitas yang selama ini terhenti atau tidak berjalan pada webGIS lama karena berhentinya layanan dari GoogleMap API, telah teratasi pada webGIS yang baru ini. Beberapa fasilitas yang ada pada webGIS lama yang tidak dapat beroperasi telah kembali aktif. Disamping itu juga ada tambahan fasilitas baru pada webGIS yang baru tersebut, misalnya saja fasilitas ‘transparansi’, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur transparansi layer yang aktif untuk dapat dibandingkan dengan layer dibawahnya.

Kedepannya webGIS yang baru ini akan terus disempurnakan dengan fasilitas-fasilitas yang dapat membantu masyarakat dalam kaitannya dengan pekerjaan yang berkaitan dengan pemerintahan seperti pengurusan izin usaha dan lain sebagainya. Anda juga dapat memberikan saran ataupun masukan terkait webGIS Bappeda ini melalui kolom komentar dibawah. Untuk webGIS Bappeda yang lama masih dapat diakses di alamat https://bappeda.bandaacehkota.go.id/webgis_lama/#/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>