UPTB GIS Uji Cobakan penggunaan Aplikasi SIGAP untuk Pembuatan Peta RUPM

  • foto-3
  • foto-1
  • foto-2

UPTB GIS Bappeda Banda Aceh melakukan ujicoba penggunaan aplikasi Sistem Informasi Geografis Adaptif Partisipatif (SIGAP) beberapa waktu yang lalu. Ujicoba dilakukan terhadap beberapa SKPD dalam acara rapat Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) di aula Bappeda Kota banda Aceh.  Kegiatan yang diadakan pada tanggal 6 Juni 2018 yang lalu tersebut diikuti oleh beberapa SKPD antara lain Dinas PUPR, DLHK3, DPPKP, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Dinas Perhubungan.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan difasilitasi oleh Bappeda ini antara lain menghasilkan kesepakatan dari beberapa dinas tersebut untuk menuangkan rencana program mereka kedalam aplikasi SIGAP. Program-program tersebut akan dibagi kedalam 5 sektor, yaitu sektor Industri Kerajinan, sektor Energi, sektor Pariwisata, sektor Infrastruktur, dan sektor Perdagangan dan Jasa.

Aplikasi SIGAP sendiri merupakan aplikasi terbaru yang dikeluarkan oleh UPTB GIS Bappeda Kota Banda Aceh. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi web GIS yang dimiliki oleh Bappeda Kota Banda Aceh yang sudah dimiliki sejak beberapa tahun yang lalu. Perbedaannya dengan aplikasi SIGAP adalah bahwa dengan aplikasi SIGAP pengguna dapat berpartisipasi dalam menginput data untuk membuat peta spesifik seperti yang diinginkan oleh pengguna. Misalnya peta rumah makan di Kota Banda Aceh.

Pengguna dapat menambahkan titik-titik lokasi rumah makan tersebut kedalam aplikasi SIGAP, selanjutnya data titik-titik tersebut akan diverifikasi oleh administrator. Jika disetujui dan dianggap benar maka selanjutnya data-data tersebut akan ditampilkan pada web GIS Bappeda Kota Banda Aceh. Untuk membuka aplikasi SIGAP pengguna dapat mengunjungi laman https://bappeda.bandaacehkota.go.id/sigap/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>