Workshop Keterbukaan Informasi dan Open Data Pemerintah Kota Banda Aceh Phase II

Workshop Keterbukaan Informasi dan Open Data Pemerintah Kota Banda Aceh Phase II

 

Melanjutkan pelaksanaan program Open Data di kota Banda Aceh hasil kerjasama KINERJA – USAID dengan The Web Foundation dan GERAK Aceh, Bappeda, Dinas Pendidikan serta PPID Kota yang telah berlangsung lancar dan sukses pada November – Desember 2015, KINERJA kembali membuat program lanjutan tahap kedua dengan melibatkan beberapa Dinas/ SKPK lainnya dalam memberikan pelayanan informasi yang lebih baik, mudah diakses dan berbasis data digital.

Komitmen yang kuat dari Pemerintah Kota Banda Aceh yang ingin memiliki sistem informasi yang baik, membuat KINERJA konsisten membantu, khususnya terkait data digital melalui media online sebagai medium yang dapat digunakan untuk upaya peningkatan keterbukaan informasi.

Workshop yang berlangsung di aula Bappeda Banda Aceh pada tanggal 27 hingga 30 April 2015 tersebut  ditujukan bagi masyarakat/ CSO (termasuk MSF/ Multi-Stakeholder Forum dan JW/ Jurnalis Warga), Pemerintah Kota Banda Aceh dan beberapa dinas di tingkat kota.

Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Kota Banda Aceh dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, dimana informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat serta mendorong masyarakat/ CSO (termasuk MSF dan JW) dan media untuk mengakses dan menggunakan data yang telah disediakan tersebut.

Workshop dilakukan dengan menggunakan metode Pembelajaran Orang Dewasa (POD), melalui tahap-tahap:

  1. Identifikasi kebutuhan data bagi masyarakat/ CSO(termasuk MSF dan JW).
  2. Terbangunnya komitmen SKPD dalam membangun inisiatif opendata dimasing-masing wilayah tugasnya.
  3. PPID Pembantu di SKPD memahami penggunaan aplikasi dataset dan mampu melakukan convert data kedalam data set serta mempublikasi data set.
  4. CSO memahami dan mampu menggunakan data set yang telah dipublikasi oleh SKPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »