Tingkat Kepuasan Masyarakat (TKM) 2013

cover-TKM1

Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik bagi warga kota. Berbagai terobosan dan inovasi dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance) serta perbaikan dalam pelayanan publik telah dilaksanakan secara bertahap. Penerapan e-kinerja merupakan salah satu bentuk langkah konkrit Pemerintah Kota Banda Aceh untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan yang dilaksanakan aparatur Kota Banda Aceh. Dalam kaitan itu pula, diharapkan dengan penerapan tersebut dapat berimplikasi positif terhadap pelayanan yang prima bagi warga kota secara berkelanjutan.

Evaluasi Indeks/Tingkat Kepuasan Masyarakat (TKM) terhadap Pelayanan Pemerintah Kota Banda Aceh tahun 2013 ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan guna menyahuti amanat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Secara umum, laporan evaluasi TKM ini memuat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Lampulo, Puskesmas Batoh, BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh. TKM tersebut diukur dengan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil evaluasi ini diharapkan menjadi masukan penting bagi unit pelayanan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga kota.

Dukungan dan kontribusi positif dari berbagai pihak, termasuk jajaran pegawai pada Dinas Kesehatan, Puskesmas Lampulo, Puskesmas Batoh, BLUD RSUD Meuraxa, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh, dihaturkan terima kasih. Apresiasi diberikan pula kepada Tim Ahli/Peneliti dari Unit Kajian Pelatihan dan Perencanaan Pembangunan Regional (UP3R) Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Kiranya, hasil kajian evaluasi ini berguna dalam mendukung percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik Kota Banda Aceh di masa mendatang.

download dokumen TKM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *