Asistensi Penginputan SIPD

Asistensi Penginputan SIPD

Banda Aceh – Bappeda Kota Banda Aceh, mulai Senin 13 Juli 2020, kembali melaksanakan kegiatan asistensi penginputan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Banda Aceh untuk tahun 2021 kedalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung sampai dengan tanggal 24 Juli 2020, yaitu selama masa penginputan aplikasi SIPD masih dibuka. Sebagai permulaan, OPD-OPD yang diundang adalah kecamatan-kecamatan di seluruh Kota Banda Aceh.

Secara bertahap, seluruh OPD yang ada di Kota Banda Aceh akan diundang ke Bappeda untuk melakukan asistensi penginputan SIPD ini, mengingat seluruh OPD harus sudah menginputkan Renstra dan Renja mereka kedalam aplikasi jika tidak ingin mengalami kendala dalam memperoleh anggaran belanja untuk tahun 2021. Seyogyanya proses ini harus sudah selesai dilakukan pada Bulan Juli ini dikarenakan pada Bulan Agustus kedepan akan memasuki tahap penyusunan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Kota Banda Aceh mulai menggunakan aplikasi SIPD sebagai aplikasi perencanaan kota mulai tahun 2020 ini menggantikan aplikasi lama, i-Rencana atau disebut juga i-Ren. i-Ren merupakan aplikasi yang dibangun sendiri oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dan telah digunakan sejak tiga tahun belakangan sebagai aplikasi perencanaan pembangunan Kota Banda Aceh. Namun kemudian Pemerintah Pusat mewajibkan seluruh daerah di Indonesia untuk menggunakan satu aplikasi perencanaan daerah yang terintegrasi untuk keseragaman dan efektivitas perencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »