Bappeda Ikuti Bimtek Penyusunan RPKD TKPK

Bappeda Ikuti Bimtek Penyusunan RPKD TKPK

Bappeda mengikuti Bimbingan Teknis Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) yang diselenggarakan secara daring oleh Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melalui aplikasi zoom meeting. Bimbingan teknis kepada tim TKPK  Kabupaten/Kota dilakukan untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 53 tahun 2020 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan sumber daya manusia  Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten/Kota.

Dalam hal ini, TKPK diberikan amanat untuk melakukan koordinasi perumusan kebijakan, perencanaan dan pemantauan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di daerah yang dituangkan kedalam  RPKD (Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah), RAT (Rencana Aksi Tahunan)  dan LP2KD (Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Daerah). Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman TKPK tentang sistematika penyusunan dan Langkah penyusunan RPKD, RAT dan LP2KD serta penjelasan tentang aplikasi analisis RPKD.

Kegiatan ini berlangsung dalam 2 kali pertemuan yaitu pada tanggal 1 dan 3 Desember 2020. Hadir dalam pertemuan ini Kepala Bappeda Banda Aceh, Weri, SE, MA, dan Sekretaris Bappeda Banda Aceh, Nila Herawati, SE, M.Si. Selain itu acara ini juga diikuti oleh staf dari Bidang Sekretariat dan Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda Banda Aceh. Untuk diketahui, Kepala Bappeda merupakan Sekretaris TKPK yang bertindak sebagai koordinator untuk penanggulangan kemiskinan di daerahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial