Bappeda Berikan Bimtek GIS untuk Staf Dinas PUPR

Bappeda Berikan Bimtek GIS untuk Staf Dinas PUPR

Banda Aceh – Bappeda Kota Banda Aceh pada tahun ini kembali mengadakan kegiatan peningkatan SDM para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Bentuk kegiatan peningkatan SDM yang dilaksanakan tahun ini adalah pelatihan penggunaan aplikasi pemetaan dan pengolahan citra sistem informasi geografis (Geographic Information System/GIS). Pelatihan ini diberikan kepada 10 orang pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bappeda yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda Kota Banda Aceh, Parmakope, SE, MM, dan turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas PUPR Kota Banda Aceh Cut Ahmad Putra, ST, M.Si. Pelatihan akan dilaksanakan selama dua minggu atau sepuluh kali pertemuan, yaitu dari tanggal 16-27 November 2020 bertempat di aula kantor Bappeda Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh orang staf Dinas PUPR yang berasal dari lima bidang pada Dinas PUPR yaitu Bidang Tata Ruang, Bidang PLP-AM, Bidang PBJK, Bidang SDA dan Bidang Bina Marga. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan nantinya Dinas PUPR Kota Banda Aceh akan memiliki tenaga yang cukup dan mumpuni dalam mengoperasionalkan Aplikasi GIS untuk keperluan pengelolaan data berbasis spasial di Dinas PUPR pada umumnya dan data berbasis spasial di masing-masing bidang pada khususnya.

Bappeda Kota Banda Aceh sendiri dalam beberapa tahun terakhir selalu rutin mengadakan kegiatan peningkatan kemampuan SDM terhadap pegawai dan staf dalam lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh terutama yang berkaitan dengan kemampuan digital/komputer. Kegiatan-kegiatan pelatihan tersebut biasanya dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Geographic Information System (GIS) Bappeda Kota Banda Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »