Bappeda Selenggarakan Lanjutan Kegiatan Forum OPD

Bappeda Selenggarakan Lanjutan Kegiatan Forum OPD

Banda Aceh – Bappeda Banda Aceh kembali mengadakan kelanjutan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sempat terhenti beberapa waktu yang lalu. Kegiatan Forum OPD tersebut seyogyanya dilaksanakan tanggal 11 Maret sampai dengan 19 Maret 2020. Namun baru sempat dilaksanakan dua hari yaitu pada tanggal 11 dan 12 Maret, kegiatan terpaksa ditunda sementara karena mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Kejadian tersebut membuat pemerintah mengeluarkan beberapa aturan terkait antisipasi wabah termasuk menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang untuk sementara waktu.

Kegiatan Forum OPD ini baru dilanjutkan kembali pada Selasa, 7 April 2020 dan dilaksanakan selama tiga hari sampai dengan 9 April 2020 dengan tetap memperhatikan SOP penyelenggaraan kegiatan dalam antisipasi wabah, seperti misalnya tidak mengundang banyak peserta dan posisi duduk yang berjauhan (physical distancing). Jika sebelumnya kegiatan ini mengumpulkan tiga OPD dalam satu kegiatan dan dilaksanakan di salah satu OPD tersebut, maka sekarang hanya dilaksanakan terpusat di Bappeda Banda Aceh dengan menghadirkan satu per satu OPD secara bergantian untuk mempresentasikan kegiatannya.

Forum OPD sendiri merupakan kegiatan rutin yang termasuk dalam proses perencanaan Kota Banda Aceh yang dilaksanakan setelah melalui proses Musrenbang Gampong dan Musrenbang Kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mensinkronkan program kegiatan dari OPD dengan usulan-usulan yang muncul baik dari masyarakat, anggota dewan, maupun komunitas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »