Bimtek Modul Perencanaan SIPD Kota Banda Aceh

Bimtek Modul Perencanaan SIPD Kota Banda Aceh

Bappeda Kota Banda Aceh pada Senin, 18 Januari 2021, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) terkait dengan penggunaan aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah). Bimbingan teknis ini dilakukan guna menjawab beberapa pertanyaan yang muncul terkait dengan penggunaan aplikasi SIPD di Kota Banda Aceh untuk perencanaan pembangunan memasuki tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi internal yang dikembangkan oleh Kemendagri.

Hadir sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan ini perwakilan dari Pusdatin Kemendagri, Adetya Cahya Ningrat, S.Kom, yang menjawab beberapa pertanyaan dari tim teknis Bappeda Banda Aceh. Beberapa pertanyaan yang muncul misalnya terkait dengan persiapan pelaksanaan Musrenbang Gampong dan Musrena yang akan mulai dilaksanakan beberapa waktu yang akan datang di Kota Banda Aceh. Dari Bappeda Banda Aceh sendiri hadir Kepala Bappeda, Weri, SE, MA, beserta para kepala bidang yang ada di Bappeda. Selain itu turut pula hadir Kepala Bidang Keuangan BPKK Banda Aceh dan perwakilan dari Inspektorat Kota Banda Aceh.

Peluncuran aplikasi SIPD melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menyelenggarakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government). Pemerintah pusat menargetkan penggunaan aplikasi ini untuk sinergisitas perencanaan pembangunan daerah secara keseluruhan mulai tahun 2021 ini. Hal ini juga berarti aplikasi lokal masing-masing daerah yang dipakai selama ini dalam perencanaan pembangunan daerah seperti e-Musrenbang, tidak dipakai lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial