Pelatihan Nasional GCoM Tentang Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia

Banda Aceh – Kota Banda Aceh terpilih menjadi salah satu peserta pada kegiatan Pelatihan Nasional GCoM Tentang Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Maret 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) sebagai host dari Sekretariat Global Covenant of Mayors South East Asia (GCoM SEA) dan ASEAN Mayors Forum (AMF). Hadir mewakili Banda Aceh dalam kegiatan ini adalah Bappeda Kota Banda Aceh dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banda Aceh.

Kegiatan dilaksanakan dalam dua format yaitu luring (offline) dan daring (online). Kegiatan secara luring dipusatkan di Yogyakarta, namun bagi yang tidak dapat hadir ke Yogyakarta juga dipersilakan mengikuti kegiatan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan dibagi dalam beberapa bagian mulai dari pengenalan tentang rencana aksi energi dan iklim di tingkat daerah, state of the art sektor energi dan iklim di Indonesia, pemetaan kabupaten/kota dalam rencana aksi perubahan iklim, dan terakhir adalah pelatihan mitigasi perubahan iklim.

Global Covenant of Mayors for Energy and Climate (GCoM) adalah aliansi global terbesar kota dan pemerintah daerah yang berkomitmen untuk secara aktif terlibat di rencana aksi perubahan iklim, bertransisi ke ekonomi rendah karbon dan ketahanan iklim, sejalan dengan Paris Agreement.

Untuk mendukung implementasi GCoM di Asia, Uni Eropa mendanai GCoM Asia Project untuk memberikan pelatihan bagi kota-kota Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Timur untuk berkomitmen dan mencapai pengurangan emisi karbon sesuai target lokal dan NDC masing-masing negara, untuk ketahanan iklim dan kota yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »