Bappeda Banda Aceh Gelar Musrenbang Kota untuk RKPD 2024

Banda Aceh – Bappeda Kota Banda Aceh selaku penanggungjawab perencanaan pembangunan di Banda Aceh menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Banda Aceh untuk tahun 2024. Mengangkat tema “Mensukseskan Pemilihan Umum Serentak dan Penguatan Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat”, kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh pada Rabu, 5 April 2023.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh PJ. Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, ini dihadiri oleh para kepala OPD dalam jajaran pemerintah Kota Banda Aceh, para keuchik, imum mukim, akademisi, perwakilan perempuan dan disabilitas, LSM, tokoh masyarakat dan adat, serta para stakeholder yang ada di Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya Bakri Siddiq menyampaikan bahwa tema kegiatan tersebut sesuai dengan Arah Kebijakan Pembangunan Banda Aceh 2024, yaitu Penguatan Sosial Ekonomi dan Budaya serta Menyukseskan Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Umum Kepala Daerah secara Serentak. “Program yang diprioritaskan untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Kota Banda Aceh 2024 telah kita tetapkan dalam RPD Kota Banda Aceh 2023-2026, dan tentunya selaras dengan kebijakan pembagunan Aceh dan nasional,” kata Bakri Siddiq.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiga narasumber. Pemaparan pertama disampaikan oleh Bappeda Aceh yang menyampaikan tentang arah kebijakan pembangunan Aceh tahun 2024. Selanjutnya pemaparan kedua disampaikan oleh kepala Bappeda Banda Aceh yang menyampaikan tentang arah kebijakan pembangunan Kota Banda Aceh tahun 2024, dan terakhir pemaparan disampaikan oleh Guru Besar FEB USK, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf yang menyampaikan tentang pemberdayaan ekonomi Kota Banda Aceh.

Sebelumnya dalam kegiatan tersebut, Pj. Walikota juga menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga Kecamatan terbaik dalam pelaksanaan Musrenbang Gampong di Banda Aceh. Ketiga Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Lueng Bata, Kecamatan Kuta Alam, dan Kecamatan Baiturrahman.

Kegiatan yang berlangsung setengah hari ini ditutup menjelang azan dhuhur dikumandangkan dengan pembagian bingkisan ta’jil kepada para peserta. Untuk diketahui, Musrenbang Kota adalah salah satu tahapan dalam rangkaian penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kota Banda Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk dokumen kerja tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *