Piloting Management Information System (MIS) Partisipasi Anak dan Remaja yang Bermakna

Partisipasi anak dan remaja merupakan salah satu prinsip yang tercantum secara eksplisit dalam Konvensi Hak Anak (KHA) dan UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Penghargaan terhadap partisipasi anak dan remaja telah diwujudkan melalui pembentukan organisasi anak, salah satunya adalah Forum Anak yang diinisiasi oleh Kementerian PPPA.

Dalam sebuah studi yang bertema ”Analisis Situasi Partisipasi Anak dan Remaja dan Keterlibatan di Masyarakat di Indonesia” yang telah dilakukan oleh Bappenas bersama dengan KemenPPPA dan UNIKA Atmajaya didukung oleh UNICEF, diketahui bahwa belum ada sistem pemantauan yang transparan terhadap partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Sehubungan dengan hal itu, Bappenas bersama KemenPPPA melalui dukungan Kerjasama Pemerintah RI-UNICEF mengembangkan sebuah sistem informasi pemantauan (Monitoring Information System/MIS) yang diharapkan dapat memberikan informasi terpadu terkait implementasi partisipasi remaja dalam proses pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan di Indonesia.

Sebagai bagian dari proses pengembangan sistem tersebut, Direktorat KPAPO Bappenas bersama dengan KemenPPPA, UNICEF dan Konsep.Net akan melaksanakan Uji Coba/Piloting Management Information System (MIS) Partisipasi Anak dan Remaja yang Bermakna di Kota Banda Aceh sehingga para pemangku kepentingan di daerah dapat melakukan uji coba sistem secara langsung serta memberikan masukan penyempurnaan sistem yang sedang dibangun.

Untuk itu Bappeda Kota Banda Aceh diminta untuk dapat memfasilitasi kegiatan uji coba tersebut sekaligus menjadi Keynote Speaker pada acara yang diadakan pada Selasa dan Rabu, 9-10 Mei 2023 ini. Dalam kegiatan yang diadakan di Aula Bappeda Banda Aceh ini turut menghadirkan dinas-dinas terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banda Aceh (DP3AP2KB).

Disamping itu turut pula hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Dinas Sosial Kota Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh.

Turut pula hadir perwakilan dari Kepolisian Resort Kota Banda Aceh, Forum Anak Kota Banda Aceh, dan Pendamping dan Fasilitator Forum Anak Kota Banda Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *