WebGIS Bappeda Banda Aceh

WebGIS (Sistem Informasi Geografis berbasis web) adalah sebuah aplikasi pemetaan digital berbasis web yang dimiliki oleh Bappeda Kota Banda Aceh. WebGIS berfungsi untuk meyimpan dan menyajikan peta-peta dalam berbagai tema yang dimiliki oleh Bappeda Kota Banda Aceh secara digital. Sebagai contoh misalnya peta Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh yang terdapat pada menu ‘Map Khusus’ pada aplikasi webGIS.

Selain itu juga terdapat banyak peta-peta lainnya yang terbagi-bagi kedalam beberapa layer (lapisan peta). Layer-layer tersebut adalah layer peta dasar, layer peta tematik, layer peta perencanaan, layer peta Kotaku, hingga layer peta cuaca (yang bersumber dari Open Weathers Map). Untuk mengaktifkan peta pada layer yang diinginkan, pengguna harus mencentang pada tanda kotak yang ada di sebelah kiri layer tersebut.

Setelah mengaktifkan layer yang diinginkan, maka aplikasi akan menampilkan peta yang ada pada layer tersebut yang juga menyimpan informasi (atribut peta). Untuk menampilkan atribut atau informasi pada peta pengguna dapat melakukan klik kiri pada titik yang diinginkan yang akan mengeluarkan informasi (atribut) pada titik tersebut.

Aplikasi webGIS merupakan sebuah aplikasi yang berkaitan dengan pemetaan yang dimiliki oleh UPTB GIS Bappeda Kota Banda Aceh, disamping aplikasi penyimpanan (database) peta lainnya yaitu Katalog Peta yang telah dibahas sebelumnya. Kedua aplikasi ini telah dibangun oleh UPTB GIS Bappeda sejak tahun 2011 dan akan terus diperbaharui kedepannya dengan data-data terbaru.

Untuk mengakses aplikasi webGIS, pengguna dapat mengunjungi laman https://uptbgis.bandaacehkota.go.id/webgis/

Artikel ini juga telah tayang di https://uptbgis.bandaacehkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *