Katalog Peta Bappeda

Katalog Peta Bappeda Kota Banda Aceh (alamat URL: https://uptbgis.bandaacehkota.go.id/katalog/) adalah sebuah perpustakaan digital yang menyimpan database dari peta-peta digital yang dimiliki oleh Bappeda maupun dari sumber-sumber luar Bappeda. Peta-peta ini terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja setelah mendaftar dan membuat akun pada website Katalog Peta.

Untuk membuat akun pada website Katalog Peta pun sangat mudah. Anda hanya memerlukan sebuah email yang aktif dan memasukkan informasi nama akun dan password yang Anda inginkan. Selanjutnya sebuah email aktivasi akun akan dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan tadi. Setelah melakukan aktivasi akun melalui link aktivasi yang dikirimkan ke email, maka Anda dapat mengunduh peta-peta yang Anda inginkan dari Katalog Peta.

Saat ini telah tersedia lebih dari seribu peta terkait dengan Kota Banda Aceh dan sebagian Provinsi Aceh yang dapat diunduh oleh pengguna (user) dalam format PDF maupun JPG. Peta-peta tersebut sebagian besar diproduksi oleh UPTB GIS Bappeda Kota Banda Aceh, namun juga terdapat peta dari sumber lain seperti misalnya NGO Mercy Corps, HIC, JICA, hingga BPBD.

Peta-peta tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori seperti peta tematik, peta administrasi, peta bencana, peta perencanaan, peta proyek, dan lain sebagainya. Kedepannya jumlah peta yang dimasukkan kedalam database Katalog Peta akan terus bertambah seiring dengan diproduksinya peta-peta baru maupun hibah dari lembaga lain agar dapat memberikan manfaat yang optimal kepada sebanyak mungkin pengguna.

Sumber: https://uptbgis.bandaacehkota.go.id/katalog-peta-bappeda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *